Senin, 31 Agustus 2020

Nyaman Bersama Kumpulan Emak Blogger (KEB)

Hari ini, 18 Januari 2014, adalah ulang tahun ke 2 Kumpulan Emak Blogger (KEB).

Saya bergabung KEB pada saat itu membernya baru 200 an, sekarang sudah 1400 an. Komunikasi dengan sesama member KEB paling banyak dilakukan dalam grup facebook.

Selain KEB saya juga ikut beberapa grup khusus ibu-ibu. Dinamika berjalan, seiring waktu saya bisa memilih grup yang paling nyaman untuk berinteraksi, dan KEB lah, grup yang paling nyaman buat saya.

Sehari-hari membuka facebook, KEB lah yang paling sering saya kunjungi. Sekedar baca-baca, meninggalkan jempol, berkomentar dan sesekali berbagi hyperlink blog.

Nyamaaaaaan....Banget!

Bisa bilang nyaman tentu ada alasannya dong! Inilah kurang lebih alasannya:

1. Di KEB nggak ada Bully !

Maksudnya gimana? Dari grup-grup yang pernah saya ikuti, tidak jarang terjadi bully pada member yang kirim pertanyaan/ postingan, dan mengundang perbedaan. Misal, soal EYD, soal tulisan, soal buku, soal susu anak, soal pengasuhan anak, dan lain-lain. Nah, di KEB ini kalaupun ada perbedaan dan saling urun pendapat, suasana tetep adeeeem.... Mau tanya apa aja, mau posting apa aja, nggak perlu takut salah. Sejauh anda sopan, responnya juga sopan kok.

2. Dua arah, saling menghargai dan berbagi.

Artinya, antara pengurus (makmin=emak admin) dan member dalam kedudukan yang sama. Member berterimakasih pada pengurus yang mau lelah tapi hepi mengurusi grup. Sebaliknya, makmin sangat menghargai keberadaan member sebagai pembentuk komunitas. Kita ini besar karena bersama-sama, begitulah komunitas. Nggak ada major suruh, seperti komandan pada anak buahnya. Hehehe, perumpamaannya begitulah. Jadi kita semua ikhlas-ikhlas saja melakukan sesuatu untuk grup.

Makpon (emak founder) dan makmin membaur. Mereka tidak menempatkan diri sebagai "pejabat" yang kehadirannya membuat semua orang membungkuk dan segan. Kecintaan kita pada makpon dan makmin karena memang mereka inspiratif dan dekat dengan kita. Makmin dan makpon rajin berkomentar pada postingan siapapun.

3. Nggak banyak aturan.

Iya sih aturan penting, tapi kalau kebanyakan bikin pusing. Tujuan berkomunitas ingin bersosial dan menyerap manfaat. Tapi kalau aturannya banyak, membuat member susah bergerak dan pasif. Jadinya komunikasi satu arah.

Nah, di KEB ini relatif santai dan enjoy. Akrab satu sama lain. Dan dengan kenyamanan ini otomatis member menjaga sikap masing-masing, nggak usah diatur-atur sudah rapi dengan sendirinya.

Four. Tim Pengurus Solid.

Ini saya acungin 2 jempol (tangan). Makmin strong, kalaupun ada pergantian pengurus berjalan baik.

Yang saya salut dari makmin KEB: satgas twitternya sigap banget meretweet dan respond twit dari anggota, dari pagi hingga tengah malam. Kereeen, gimana bagi tugasnya mak?

Dan yang pasti, dipersenjatai dengan machine yang memadai dong...

Five. Programnya nyata dan keren.

Program di KEB saya lihat tidak muluk-muluk tapi nyata dan berjalan sesuai harapan. Seperti dalam event-event kopdar, Srikandi blogger dan lomba-lomba weblog yang diadakan ataupun posting serentak yang dilakukan sukarela pada hari-hari istimewa. Peserta antusias dan senang melakukannya.

Dan yang saya suka, programnya gratisan malah ada yang bersponsor. Keren banget deh! Ini salah satu yang bikin betah. Saya sebagai member tidak merasa "dimanfaatkan", tapi malah mendapatkan manfaat moril maupun materiil.

Oiya, setiap bulan, dan sekarang berjalan di bulan ke 10, ada penghargaan Emak of The Month. Program ini saya lihat konsisten, terlihat dari tepatnya waktu pengumuman, dan penayangan profil serta fasilitas lain.

Segitu dulu kesan KEB dimata saya.

Selamat ulang tahun KEB. Saya bangga menjadi bagian KEB, nggak segan-segan memasang banner KEB di blog dan mengikuti aktivitasnya sesuai kemampuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar